HAPPy rEAd!ng...

iluV u

♀♂

░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░

Sabtu, 12 Februari 2011

L!Ke_iT

About M3


          Dari kecil(Sekolah dasar_lah...), aku suka coret-coret di buku bikin kata-kata. bukan puisi/cerpen sih,,, masih belum terlalu tau juga tentang kepenulisan. tapi kalo dibaca, ada kalimat yang menunjukan sebuah cerita didalamnya. pendek banget, gak ngabisin satu halaman-pun ko! kata-katanya juga seadanya(Bahasa sehari-hari dan daerah, sesuai apa yang aku gunakan seperti biasanya). gak nyangka hobi nulis itu berawal dari keinginan-keinginan dan harapan-harapanku ketika aku melihat, mendengar dan mengalami suatu kejadian.
          Karena waktu itu aku sering nonton tv, tentu penglihatanku,pendengaranku tak jauh dari apa yang ditayangkan didalamnya. aku senang menonton "Cartoon" faforitku adalah Captain Tsubasa dan Naruto. dari tokoh-tokoh seperti itulah aku belajar menentukan karakter tiap-tiap perannya(Sekedar mengira-ngira seperti apakah sosok ini,,? bangai manakah tokoh itu..?).
          Namanya juga anak-anak. menanggapi tiap adegan dan sifat tokohnya dengan serius, di anggapnya itu semua nyata(Padahal hanya sebuah rekayasa si pembuatnya saja). Lebih tepatnya karya yang dihidupkan oleh penulis skenarionya.
           Lama juga aku berkutat di bidang ini, tak terasa sudah sekian diary yang aku hasilkan. gak semuanya tulisan seperti itu, ada diary khusus untuk menulis lagu-lagu Cartoon yang aku suka, diary yang aku khususkan untuk Biodata teman-teman, catatan harian sampai diary yang ku isi dari kertas sobekan(potongan-potongan) tokoh-tokoh Cartoon atau artis-artis yang aku suka. apapun yang aku suka, aku akan abadikan dalam diary itu. kadang jika aku perhatikan dalamnya seperti kliping yang pernah aku kumpulkan di tiap pekerjaan rumah(Pr) dari guru.
           Aku hanya anak berusia 5-10 tahun pada saat itu, tentu hasilnya juga seadanya. gak semua Diary itu rapih. bahkan banyak coretan-coretan gak penting(entah apa alasannya ada) , dan lipatan-lipatan di ujung sampul(cover)-nya.
           Kadang ku baca(yang masih ada-karena sebagian entah sudah kemana), manis sekali kata-kata di dalamnya. polosnya aku ketika itu menuliskan apa yang aku rasain dengan kata-kata "Rabu,  takut, dimarain guru gak ngerjain Pr"(Contoh! Zz_). Tapi  memang seperti itulah aku menuliskannya,,
           Lucu,, alasan klasik(dimana-mana kalo gak ngerjain pr pasti kena marah guru). tapi punya kesan tersendiri untukku sekarang(Kenang-kenangan kelakuanku waktu masih sekolah dasar).
           Aku tak pernah berfikir kebiasaanku menulis itu harus dikembangkan. jadi... aku menulis saja apa yang ingin aku tulis, mau jelek atau gak! hak-ku untuk mengeluarkan apa yang aku rasakan(Pikirku). Sampai pada akhirnya aku membaca Buku "Bahasa Indonesia dan Sastra" yang memberikan banyak pengetahuanku tentang itu(Kepenulisan) di bangku SMP-sederajat(SLTP).
          Wah,,, bukan main senangnya, mengetahui hobiku bisa disalurkan pada hal yang lebih besar(Menurutku), baru aku mulai mencari tau lebih banyak lagi tentang "Bahasa Indonesia dan Sastra" dan yang kudapatkan beberapa definisi tentang kata dan bahasa. mulai dari bahasa latin(Kata salah satu buku) sampai definisi menurut bahasanya, pokonya lengkap. aku mulai menyukai pelajaran ini dari situ.
          Dan ternyata aku beruntung. Pertama kali menjejakan 2 kaki, ada lahan luas yang bisa juga aku injak(Pribahasa sendiri.. Hhe), dalam salah satu even satu temanku  menawariku untuk ikut serta dalam lomba karya tulis(Fiksi dan non Fiksi). aku gak yakin aku bisa, kali itu aku tidak pernah membuat satu karyapun_lho...! jauh berbeda dengan temanku itu yang karyanya banyak(Kadang aku iri_Hhe/gak ppa y iri dalem kebaikan_Moga jadi inspirasi dan kekuatan ajja agar bissa seperti dia atau lebih/Amien).
           Dan temanku ternyata menang dan aku pastinya kalah(HikZz,, HikZz,,,), terpukul sekali aku waktu itu. setelah itu aku mulai rajin membuat puisi, puisiku dinilai baik dikelas(aku semakin bersemangat dibuatnya). kemudian aku beranjak pada sebuah cerpen(Awalnya hanya seperti karangan biasa saja, aku hanya bisa menulis paling banyak hanya 1 lembar. itu juga tulis tangan/sedikit sekali). kemudian ku coba lagi menulis hampir 3 lembar, kali ini lebih indah kata-katanya alurnya juga tertata lebih rapih aja. tapi aku kesulitan pada bagian ending setiap pembuatannya. tak satupun karyaku itu terseleseikan dengan sempurna. bahkan hampir semua tulisan tanganku tak menemukan endingnya.
           Banyak masalahnya, kadang karena ceritanya melebar(tidak sesuai rencana awal_ceritanya jadi panjang banget padahal cerita pengen cepet-cepet ketemu akhirnya), kadang karena sering di tinggal-tinggal(suka di suruh ini-itu sama ortu/ ada apa gt yang bikin kerja tangan berenti). belom lagi kalo tulisan/karya kita menuntut kita pada fakta(kadang otak kita stak dan gak kepikiran apa-apa), duh ribetnya bukan main kalo udah kaya gitu(makanya_Mbaca itu di bilang modal nulis thu ya itu???).wawasan kita bisa menentukan kualitas tulisannya juga menurutku. semakin smart seseorang maka smart pula nanti hasil tulisannya.(HHe..Masih menurutku juga!)
            Kembali ke Diary. Aku bossan harus menulis banyak kata dan tak pernah berhasil menemukan penutup kata terakhirnya, kesal aku di buatnya hingga aku berfikir "Mungkin ini bukan bakatku". aku tidak suka jika harus trus gagal(Benci_sudah susah payah. tetep gak pernah aku mendapatkan ending di tiap tulisanku).
             Pandanganku adalah "Puisi itu simple... hanya baik-an/ bisa diitung berapa barisnya" jadi lebih mudah dan pasti bisa ku seleseikan(Apa lagi pujian dari orang lain sebagai apresiasi mereka terhadap karyaku membuatku senang) rasanya gak sia-sia!
             Ada beberapa yang menilai jelek(Gak papa_inikan soal selera), tapi ada yang berkritik dengan memberitahukan karyanya juga, membuat ku semakin asyik menekuninya. ia membuatku berfikir kembali untuk terus berkarya di bidang sastra.
             Kemudian setelahnya. hampir beberapa percobaan, jadilah karya yang untuh yang dapat ku hasilkan "KENYATAAN DARI CINTA"
             Sungguh bukan main senangnya aku.! gak peduli seberapa jeleknya(HHe... Maklum nie kan karya pertama n atu-atunya.!), aku tetap kegirangan dibuatnya. baru setelah itu ku ubah pandanganku menjadi "Untuk Menulis yang dibutuhkan bukan bakat, tapi nyali(usaha/menulis,Membaca,dan gak takut gagal)untuk terus mencoba.
             Dan guys, kamu semua-pun pasti bissa

             end

1 komentar:

Miftahul Jannah(M!_Ta) mengatakan...

kalo perlu kalian juga bisa ikut share di blog ini,

ENJOY!

Cari Blog Ini